1. KURIKULUM
STRUKTUR KURIKULUM
MTs AN-NASHUHA KALIMUKTI
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KOMPONEN
|
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
|
||||
VII
|
VIII
|
IX
|
|||
A
|
Mata Pelajaran
|
||||
1
|
Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
Al Qur’an Hadits
|
2
|
2
|
2
|
|
3
|
Aqidah akhlaq
|
2
|
2
|
2
|
|
4
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
|
5
|
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
|
6
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|
7
|
Bahasa Indonesia dan Sastra
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
|
8
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
|
9
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
|
10
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
|
11
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
|
12
|
Seni Budaya dan Keterampilan
|
2
|
2
|
2
|
|
13
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga
dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
|
14
|
Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
|
B
|
Muatan Lokal
|
||||
1
|
Nahwu Shorof
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
Ke NU an
|
2
|
2
|
2
|
|
3
|
Bahasa Sunda
|
2
|
2
|
2
|
|
4
|
Baca Tulis Al-Qur’an
|
2
|
2
|
2
|
|
Jumlah Komponen Mata Pelajaran
dan Muatan Lokal
|
46
|
46
|
46
|
||
C
|
Pengembangan
Diri
|
||||
Terprogram :
|
2
|
2
|
2
|
||
1.
|
Qiroatul Qur’an
|
||||
2.
|
Sholat Dzuhur Berjamaah dan
Pidato
|
||||
3.
|
Kegiatan Ekstrakurikuler
|
||||
a. Pramuka
|
|||||
b. Paskibra
|
|||||
J U M L A H
|
48 JP
|
48 JP
|
48 JP
|
2. KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan sangat penting
dalam mengelola lembaga pendidikan. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu
untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun. Kapan
di mulai proses pembelajaran ? Berapa pekan/minggu efektif ? Berapa pekan/minggu
tidak efektif ? Kapan mulai libur ? dan kapan mulai berakhirnya proses
pembelajaran di sekolah/madrasah tersebut ? untuk mengetahui hal tersebut maka
kita berpijak pada Kalender Pendidikan.
Oleh karena itu setiap permulaan
tahun pelajaran, Tim Penyusun Program di sekolah/madrasah hendaknya secepatnya
mungkin menyusun Kalender Pendidikan sebelum dimulai proses pembelajaran. Hal
tersebut dimaksudkan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu
tahun ke depan. Pengaturan waktu pembelajaran di sekolah/madrsah mengacu kepada
Standar Isi dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah,
kebutuhan peserta didik dan masyarakat serta peraturan pemerintah.
Dalam bab ini diuraikan tentang
Kalender Pendidikan yang berisikan ; Minggu efektif, jumlah jam efektif, hari
libur kalender dan hari libur nasional, Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan
Semester Ganjil, Ulangan Semester Genap atau kenaikan kelas, ujian
sekolah/madrasah dan Ujian Nasioanal.
Beberapa aspek penting yang menjadi
pertimbangan dalam menyusun Kalender Pendidikan sebagai berikut :
1.
Minggu efektif adalah jumlah minggu kegiatan
pembelajaran dalam satu tahun sesuai dengan keadaan dan kebutuhan madrsah yang
bersangkutan.
2.
Waktu/Jam Efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap
minggu untuk seluruh mata pelajaran termasuk mata pelajaran muatan lokal dan
jumlah jam kegiatan Pengembangan Diri.
3.
Hari Libur adalah hari-hari yang sudah ditetapkan untuk
tidak diadakan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut sebagai bahan acuannya
adalah Keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama serta
disesuaikan dengan kebutuhan dilingkungan madrsah tertentu yang tidak mengurangi
jumlah hari efektif dalam satu tahunnya.
4.
Ulangan Tengah Semester (UTS), Semester Ganjil dan
Semester Genap, Ujian Madrasah, Ujian Praktek, dan Ujian Nasional (UN). Hari-hari
tersebut juga tidak diadakan kegiatan proses pembelajaran.
Untuk
lebih jelasnya kita bahas dengan melihat Kalender Pendidikan Madrasah Tsanawiyah An-Nashuha Kalimukti
Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar